Pemetaan Sumber Air Baku Kawasan Karst Di Desa Wawotimu Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi

Edisman Edisman, Weka Widayati

Abstract


Pemetaan Sumber Air Baku khususnya Wilayah Desa Wawotimu Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi sangat penting mengingat manfaat yang diperoleh dari keberadaan Sumber Air Baku Kawasan Karst tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Memetakan sumber air baku yang terdapat di Desa Wawotimu, (2) Mengetahui karakteristik dan potensi fisik-nonfisik sumber air baku di kawasan karst yang terdapat di Desa Wawotimu, (3) Bagaimana pertimbangan masyarakat Desa Wawotimu dalam menggunakan sumber air baku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode pengambilan data meliputi observasi lapangan untuk mengetahui keberadaan sumber air baku serta mendeskripsikan karakteristik dan potensi fisik-nonfisik sumber air baku di kawasan karst Desa Wawotimu Kecamatan Tomia Timur, yang bertujuan untuk menggambarkan pemetaan sumber air baku berdasarkan potensi fisik-nonfisik, selain itu digunakan metode wawancara mengenai pertimbangan masyarakat Desa Wawotimu dalam menggunakan sumber air baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemetaan sumber air baku kawasan karst di Desa Wawotimu Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi memiliki lima sumber air baku dan yang paling luas yaitu sumber air baku hendaopa sekitar 13.938m2, dari kelima sumber air baku yang terdapat di Desa Wawotimu Kecamatan Tomia Timur bisa dikonsumsi oleh warga setempat dan masyarakat Desa Wawotimu menggunakan sumber air baku dhondo karena sumber airnya yang jernih dan bersih dan aksebilitasnya yang mudah dijangkau oleh warga Desa Wawotimu.

Kata Kunci : Air Baku, Kawasan Karst

DOI : 10.5281/zenodo.3354732


Full Text:

PDF

References


Adji, T.N. 2010. Variasi SpasialTemporal Hidrogeokimia dan Sifat Aliran Untk Karakterisasi Sisterm Karst Dinamis di Sungai Bawah Tanah Bribin, Kabupaten Gunungkidul, DIY. [Disertasi]. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Samodra, Hanang. 2001. Nilai Strategis Kawasan Karst Di Industri Pengelolaan dan Perlindungannya. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi: Pubikasi khusus.

Haryono, Eko dan Tjahyo Nugroho Adji (ed). 2004. Pengantar Geomorfologi dan Hidrologi Karst. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Ford, D. and Williams, P. 1992. Karst Geomorphology and Hydrology, Chapman and Hall. London

Karsidi. 1999. Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pendapatan dengan Penggunaan Air Sungai oleh Penduduk di Sekitar Sungai Kali Jajar Demak. Semarang. [Skripsi]. Ssemarang : UNNES.

Samodra Hanang. 2001. Nilai Strategis Kawasan Karst Indonesia Pengelolaan dan Perlindungan. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Maulana,Yoga, Candra. 2011. Pengelolaan Berkelanjutan Kawasan Karst Citata Rajamandala: Jurnal Kehutanan. Vol. III. No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Alamat Editor:

Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------